Sejarah Politeknik Bumi Akpelni

Politeknik Bumi Akpelni merupakan perubahan bentuk dari Akademi Pelayaran Niaga Indonesia, dimana Akademi Pelayaran Niaga Indonesia sendiri pada awalnya merupakan suatu lembaga pendidikan yang berdiri dibawah naungan Yayasan Pengabdi Pancasila. Yayasan tersebut disahkan dengan Akta Notaris Gondowiryo Semarang No. 29 pada tanggal 20 Juli 1964, dan beralamat di Jl. Dr. Wahidin No. 78 Semarang.

Adapun tujuan pendirian yayasan adalah untuk mengembangkan pendidikan dari tingkat menengah (SMU/SMK) sampai tingkat perguruan tinggi. Dimana mempunyai 4 (empat) Program studi yaitu : Nautika, Teknika, Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan, dan Transportasi Laut. Selain itu juga menyelenggarakan pendidikan dan latihan Diklat Keterampilan Khusus beberapa sertifikasi diantaranya BRM, ERM, ECDIS, RADAR & ARPA, GMDSS, ORU, SAT, SDSD, SSO, MC, MEFA

Awal kepemimpinan Akpelni dipercayakan kepada Prof. SUDARTO, SH (alm) sebagai Direktur dengan dibantu oleh beberapa dosen dari berbagai Instansi. Kantor Sekretariat berada di Jl. MT Haryono No.527 Semarang, dan perkuliahan diselenggarakan di STN III/IV Jl. Dr. Cipto 121 dan SMA Institut Indonesia Jl. Maluku. Atas prakasa bapak Mayor laut MARGONO dari PN Djakarta Lloyd, pada tanggal 1 Maret 1965 telah diadakan upacara serah terima pembinaan AKPELNI yang pengelolaannya diserahkan kepada Induk Koperasi Angkatan Laut (INKOPAL) di Jakarta.

Pada tanggal 6 November 1967, AKPELNI telah terdaftar pada Lembaga Pendidikan Direktorat Perhubungan Laut dengan No. 724/TKP/Pend/1967. AKPELNI pada tahun 1968 telah mengadakan ujian Negara untuk Angkatan 1. Atas saran dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI bahwa untuk terdaftar pada Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi syarat utamanya harus ada Yayasan Pembina PTS, maka atas prakarsa Prof. Sudarto, SH pada tanggal 21 Februari 1973 terbentuklah Yayasan Wiyata Dharma yang disahkan Notaris Raden Mas Soeprapto dengan Akta No. 52 dan yang bertindak sebagai Ketua adalah Soedarto,SH.

Tanggal 28 Juni 2011 penerapan sistem manajemen mutu di AKPELNI memperoleh sertifikat ISO sesuai persyaratan dalam ISO 9001 : 2008 dari SAI Global dengan nomor QEC25694. AKPELNI memperoleh akreditasi institusi “B” dari BAN PT berdasar SK No. 71/SK/BANPT/Akred/PT/IV/2018. Dan akhirnya berdasar Keputusan Menteri Riset, teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor 1292/KPT/I/2018 AKPELNI resmi berubah bentuk menjadi Politeknik Bumi Akpelni pada tanggal 31 Desember 2018

Jabatan direktur sekarang telah diserahkan kepada Capt. Cahya Fajar Budi Hartanto, M.Mar., M.Si berdasar SK Yayasan Wiyata Dharma No. SKEP/008/YWD/IV/2019 tanggal 30 April 2019. Politeknik Bumi Akpelni mendapat ijin menyelenggarakan Program Studi S1 Terapan Transportasi Laut melalui Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 650/KPT/I/2019 tertanggal 26 Juli 2019 tentang izin Pembukaan Program Studi Transportasi Laut Program Sarjana Terapan yang Diselenggarakan oleh Yayasan Wiyata Dharma yang diserahkan pada tanggal 5 Agustus 2019

Akreditasi

Dengan bangga, kami sampaikan bahwa Politeknik Bumi Akpelni telah berhasil meraih akreditasi yang mencerminkan komitmen kami dalam menyediakan pendidikan berkualitas dan berstandar tinggi. Akreditasi ini merupakan hasil dari upaya berkelanjutan dalam meningkatkan mutu akademik, fasilitas, serta layanan yang mendukung pengembangan mahasiswa

Statuta

Dengan penuh rasa tanggung jawab, Politeknik Bumi Akpelni menyusun statuta sebagai landasan hukum dan pedoman operasional dalam penyelenggaraan seluruh kegiatan akademik dan non-akademik. Statuta ini mencerminkan visi, misi, serta nilai-nilai yang dipegang teguh oleh kampus dalam mewujudkan pendidikan berkualitas.

Satuan Penjamin Mutu

Dengan komitmen kuat terhadap peningkatan mutu pendidikan, Politeknik Bumi Akpelni menyusun pedoman Satuan Penjamin Mutu (SPM) sebagai acuan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas layanan akademik dan non-akademik.

Penetapan Biaya Pendidikan

Kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada peserta didik dan memastikan bahwa setiap aspek pembelajaran mendukung pengembangan akademik dan karir mereka. Diharapkan, penetapan biaya ini dapat mendukung keberlangsungan program-program yang kami tawarkan dan memberikan nilai tambah bagi semua pihak yang terlibat.

Akreditasi

  1. Akreditasi program studi Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim tahun 2024 Surat Keputusan
  2. Surat Keputusan Mendikbudristek tentang Ijin penyelenggaraan program studi Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim program Sarjana Terapan
  3. Akreditasi Institusi Politeknik Bumi Akpelni No 697 tahun 2023 Surat Keputusan| Sertifikat
  4. Akreditasi Program Studi Teknologi Rekayasa Operasi Kapal tahun 2023 Surat Keputusan| Sertifikat
  5. Akreditasi Program Studi Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal tahun 2023 Surat Keputusan| Sertifikat
  6. Akreditasi Program Studi Transportasi Laut tahun 2023 Surat Keputusan| Sertifikat
  7. Akreditasi Sinta 4 Jurnal Gema MaritimSK Dirjen Dikti Ristek | Sertifikat
  8. Akreditasi Institusi Politeknik Bumi Akpelni No 232 tahun 2023 Surat Keputusan
  9. Sertifikat ISO 9001:2015 tahun 2023
  10. Akreditasi Program Studi Nautika tahun 2022 Surat Keputusan
  11. Akreditasi Program Studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan tahun 2022 Surat Keputusan
  12. Surat Keputusan Mendikbudristek tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Teknologi Rekayasa Operasi Kapal program Sarjana Terapan
  13. Surat Keputusan Mendikbudristek tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal program Sarjana Terapan
  14. Akreditasi Institusi Politeknik Bumi Akpelni tahun 2021 Surat Keputusan| Sertifikat
  15. Akreditasi Program Studi Transportasi Laut tahun 2022 Surat Keputusan
  16. Akreditasi Program Studi Nautika tahun 2021 Surat Keputusan| Sertifikat
  17. Akreditasi Program Studi Teknika tahun 2021 Surat Keputusan| Sertifikat
  18. Akreditasi Program Studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan tahun 2021 Surat Keputusan| Sertifikat
  19. Akreditasi Institusi Politeknik Bumi Akpelni tahun 2018 Surat Keputusan| Sertifikat
  20. Sertifikat implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015
  21. Surat Keputusan Menristekdikti tentang Perubahan bentuk menjadi Politeknik
  22. Surat Keputusan Menristekdikti tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Transportasi Laut program Sarjana Terapan
  23. Akreditasi Institusi tahun 2018 Surat Keputusan| Sertifikat
  24. Akreditasi Program Studi Nautika tahun 2017 Surat Keputusan| Sertifikat
  25. Akreditasi Program Studi Teknika tahun 2017 Surat Keputusan| Sertifikat
  26. Akreditasi Program Studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan kepelabuhan tahun 2017 Surat Keputusan| Sertifikat
  27. Approval The Deck Officer Class III Training program (Nautika)
  28. Approval The Engine Officer Class III Training program (Teknika)
  29. Approval Diklat Bridge Resource Management (BRM)
  30. Approval Diklat ECDIS
  31. Approval Diklat RADAR
  32. Approval Diklat ARPA
  33. Approval Diklat GMDSS
  34. Approval Diklat ERM
  35. Approval Diklat SAT
  36. Approval Diklat SDSD
  37. Approval DIklat SSO
  38. Approval Diklat MC
  39. Approval Diklat MFA
  40. Sertifikat ISO 9001:2015
  41. Akreditasi program Studi Nautika tahun 2012 Surat Keputusan| Sertifikat
  42. Akreditasi program Studi Teknika tahun 2012 Surat Keputusan| Sertifikat
  43. Akreditasi program Studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan tahun 2012 Surat Keputusan| Sertifikat
  44. Akreditas Program Studi Nautika tahun 2002 Surat Keputusan| Sertifikat
  45. Akreditas Program Studi Teknika tahun 2002 Surat Keputusan| Sertifikat
  46. Akreditas Program Studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan tahun 2002 Surat Keputusan| Sertifikat

Statuta

  1. Statuta
  2. Renstra
  3. Pedoman pendidikan
  4. Peraturan tatatertib taruna
  5. Peraturan dinas dalam
  6. Perintah harian sifat tetap
  7. SK Yayasan Penetapan SPMI
  8. SK Direktur Penetapan SPMI
  9. Kebijakan SPMI
  10. Manual SPMI
  11. Standar SPMI
    1. Standar Pendidikan
    2. Standar Penelitian
    3. Standar Pengabdian kepada Masyarakat
  12. Formulir SPMI

Satuan
Penjamin Mutu

Satuan Penjaminan Mutu

Alamat: Kampus Utama lantai 1 Ruang ISO Jl. Pawiyatan Luhur II/17 Bendan Dhuwur Gajahmungkur Semarang

Telepon:  (024) 8446272

Faksimile: (024) 8446271

Email: spm@akpelni.ac.id

Website: https://poltekpelni.ac.id/satuan-penjaminan-mutu/

 

Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Politeknik Bumi Akpelni  didirikan pada akhir tahun 2020 dengan SK Direktur No. 299/PBA/I.V/2019 tanggal 6 Mei 2019. Hal ini dilatarbelakangi paradigma baru manajemen pendidikan tinggi yang menekankan pentingnya otonomi institusi yang berlandaskan pada akuntabilitas, evaluasi, dan akreditasi yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan secara berkelanjutan.

 

Penjaminan mutu Politeknik Bumi Akpelni berbasis pada program studi yang dikembangkan,  digerakkan dan dikoordinasikan secara operasional oleh Politeknik  menggunakan strategi facilitating, empowering, dan enabling. Peran Politeknik tersebut dilakukan dalam bentuk bantuan teknis, finansial, konsultasi, pegembangan konsep-konsep baru yang lebih aplikabel dan akseptabel, monitoring dan saran tindak perbaikan.

 

Tugas SPM Politeknik Bumi Akpelni adalah untuk merencanakan dan melaksanakan sistem penjaminan mutu secara keseluruhan di Politeknik Bumi Akpelni, membuat perangkat yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan sistem penjaminan mutu, memonitor pelaksanaan sistem penjaminan mutu, melakukan audit dan evaluasi pelaksanaan sistem penjaminan mutu, dan melaporkan secara berkala pelaksanaan sistem penjaminan mutu di Politeknik Bumi Akpelni

Penetapan Biaya Pendidikan

  1. Rincian pembayaran Semester Gasal 2024-2025
  2. Biaya Masuk Tahun Ajaran 2024-2025
  3. Penetapan Biaya Semester_Genap 23-24
  4. Penetapan_Biaya_DIKLAT_Genap 23-24
  5. Revisi Rincian Daftar Ulang Catar angkatan59 2023-2024
  6. Rev_biaya kuliah_semester gasal_2023-2024
  7. Revisi Rincian Biaya Semester genap 2022-2023
  8. Biaya Pendidikan Smt genap 2022-2023
  9. rincian biaya kuliah akt.56 trok dan trpk
  10. Revisi Detail rincian biaya semester gasal 22-23
  11. Detail Rincian Biaya Semester gasal tahun akademik 2022-2023
  12. Penetapan biaya pendidikan semester gasal tahun akademik 2022/2023
  13. Penetapan Biaya Diklat Keterampilan Khusus Semester Genap 2021/2022
  14. Penetapan Biaya Pendidikan Semester Genap 2021/2022
  15. Penetapan Biaya Masuk Taruna Baru Angkatan 58 Tahun Akademik 2022/2023
  16. Penetapan biaya pendidikan semester gasal tahun akademik 2021/2022
  17. Penetapan biaya semester genap dan biaya diklat keterampilan tahun akademik 2020/2021
  18. Penetapan Biaya Masuk Taruna Baru Angkatan 56 Tahun Akademi 2020/2021
  19. Penetapan biaya Pendidikan semester Genap tahun akademik 2019/2020
  20. Penetapan biaya Pendidikan semester Genap tahun akademik 2019/2020
  21. Penetapan biaya Pendidikan semester Gasal tahun akademik 2019/2020
  22. Penetapan Biaya Masuk Taruna Baru Angkatan 55 tahun akademik 2019/2020
  23. Penetapan biaya Pendidikan semester Genap tahun akademik 2018/2019
  24. Penetapan biaya Pendidikan semester Gasal tahun akademik 2018/2019
  25. Penetapan Biaya Masuk Taruna Baru Angkatan 54 tahun akademik 2018/2019
  26. Penetapan biaya Pendidikan semester Genap tahun akademik 2017/2018
  27. Penetapan biaya Pendidikan semester Gasal tahun akademik 2017/2018
  28. Penetapan biaya Pendidikan semester Genap tahun akademik 2016/2017

Penetapan Biaya Pendidikan

Kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada peserta didik dan memastikan bahwa setiap aspek pembelajaran mendukung pengembangan akademik dan karir mereka. Diharapkan, penetapan biaya ini dapat mendukung keberlangsungan program-program yang kami tawarkan dan memberikan nilai tambah bagi semua pihak yang terlibat.